Tingkatkan Kualitas Layanan, FEBI UIN Palangka Raya Studi ke Kemenag Bali Penerima Penghargaan WBBM dan WBK
Denpasar, 9 Oktober 2025 — Dalam upaya memperkuat tata kelola layanan dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di lingkungan kampus, tenaga pelayanan umum Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Palangka Raya melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bali.
Kemenag Bali menjadi salah satu dari empat instansi terbaik secara nasional dalam kategori Zona Integritas terbaik, serta penerima penghargaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), dan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Prestasi tersebut menjadi alasan utama FEBI UIN Palangka Raya menjadikan Kemenag Bali sebagai rujukan dalam membangun sistem pelayanan akademik dan administratif yang unggul dan efisien.
Dalam kunjungan tersebut, tim FEBI disambut dan diterima oleh ibu Vina selaku Humas Kemenag Bali. Tim FEBI mempelajari strategi Kemenag Bali dalam menghadirkan pelayanan prima. Salah satu kunci keberhasilannya adalah efisiensi anggaran dan pemberdayaan pegawai berpotensi tinggi melalui sistem penghargaan berbasis kinerja. Selain itu, seluruh layanan telah beralih ke sistem digital, termasuk pembuatan akun layanan publik di aplikasi PUSAKA dengan nama “Layanan Kanwil Bali” — yang menjadi pionir digitalisasi layanan di Kementerian Agama.
Transformasi layanan digital juga mencakup pelayanan bagi mahasiswa asing, yang kini seluruh proses administrasinya dapat dilakukan secara daring. Hal ini mempercepat tahapan pelayanan sekaligus meningkatkan transparansi dan kenyamanan bagi pengguna layanan.
Kunjungan kerja ini menjadi momentum penting bagi FEBI UIN Palangka Raya untuk meniru praktik terbaik dalam pelayanan publik. Melalui pembelajaran langsung dari Kemenag Bali, FEBI berkomitmen menerapkan nilai-nilai profesionalisme, efisiensi, dan inovasi digital dalam peningkatan mutu layanan fakultas ke depan.