JURUSAN EKONOMI ISLAM ADAKAN WEBINAR BERSAMA BAJUAL.COM, HICUAN.COM, MW_PROJECT DAN AMARENTCAR

09 Agustus 2020
Dilihat : 587 kali

          Jurusan Ekonomi Islam FEBI adakan Webinar bersama dengan owner PT. Mahabbah Raja Wisata Indonesia dan founder Bajual.com, Ads Spesialist Hicuan.com, CEO MW_Project serta CEO Amarentcar dan Pentol Reborn. Dengan tema "Membaca Peluang Bisnis di Era Pandemi". Yang diadakan pada hari Minggu tanggal 09 Agustus 2020. Pada pukul 09.00 WIB sampai selesai, via aplikasi Zoom.

          Opening speech dibawakan oleh Sabian Utsman selaku Dekan FEBI IAIN Palangka Raya, narasumber utama oleh Rahmat Nasution Hamka selaku owner PT. Mahabbah Raja Wisata Indonesia serta founder bajual.com, dan narasumber lainnya yaitu Nugraha Kusbianto selaku Ads Specialist di hicuan.com, Muhammad Wahyuni selaku CEO MW_Project, serta Akhmad Faisal selaku CEO @amarentcar dan @pentol_reborn. Dimoderatori oleh Nurhalisa selaku mahasiswa IAIN Palangka Raya serta Dimisioner Plt. Ketua HMJ-EI 2019.

          Dalam webinar ini disampaikan bahwa transaksi online disinyalir lebih aman dan nyaman karena online sebagai media yang strategis :

  1. Jangkauannya luas dan tak terbatas
  2. Efektif-efisien dalam biaya, waktu dan tempat
  3. Menghalau dampak negatif maraknya media online

          Disebutkan juga, apabila ingin berhasil dalam mencapai tujuan, setidaknya ada beberapa yang harus dilewati : tantangan, resiko, diragukan orang lain dan juga yang haris dilakukan : yakin kalau bisa menjalani ini, tetapkan waktu sasaran, buat rencana tindakan, bertindak atau aksi, lakukan kajian ulang atau evaluasi, tindak lanjuti yang sudah ada, dan juga syukuri dan nikmati keberhasilannya.

          Selanjutnya, disampaikan juga tentang digital marketing, kenapa kita harus mengetahui tentang digital marketing ? Karena zaman sekarang orang lebih banyak menghabiskan waktu mereka di internet dan juga dari digital marketing, kita bisa :

  1. Menghemat biaya promosi sampai 40% (UKM)
  2. Meningkatkan keuntungan 3-4x lipat
  3. Dapat lebih mudah menargetkan aundience iklan yang spesifik (misalnya : lokasi, minat, usia, jenis kelamin, dan sebagainya)

Dan juga diungkapkan, pentingnya mempunyai website untuk suatu bisnis :

  1. Act as a homebase, seluruh channel digital dapat diarahkan ke website, dan data potential customer dapat dikumpulkan
  2. Visibilitas and brand awareness, umumnya costumer akan melakukan riset di internet sebelum membeli produk, ciptakan first impression yang bagus
  3. The new window shopping, website sebagai representasi usaha. Tampilkan produk dan konten yang ditawarkan, juga sediakan link ke social media
  4. 24/7 Avaibility, memaksimalkan proses bisnis yang dapat terjadi diluar jam buka toko offline

          Setelah beberapa paparan diatas, bahwa pentingnya untuk menyesuaikan marketing bisnis kita dengan keadaan yang sedang terjadi. Karena dengan itu salah satu alasan bisnis akan dapat bertahan. Semoga di era new-normal ini bisnis yang sempat terhambat sebelumnya perlahan-lahan dapat kembali berjalan normal berjalan seperti sedia kala bahkan mungkin lebih lancar dari yang sebelumnya, Aamiin.

 

FEBI JAYA! JAYA SEJAHTERA